Kamis, 17 September 2015

   Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (PPBKB)
Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa sangat strategis bagi keberlangsungan dan keunggulan bangsa pada masa mendatang. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang baik, pendekatan yang sesuai, serta metode belajar dan pembelajaran yang efektif.
Sesuai dengan sifat suatu nilai, pendidikan budaya dan karakter bangsa harus dilakukan bersama oleh semua guru (pendidik) dan pimpinan sekolah. Dalam pelksanaan, pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui semua mata pelajaran dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya sekolah.
Tujuan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa sebagai berikut :
a.       Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
b.      Mengembangkan kebiasaan dan perilaku terpuji dari peserta didik, yang sejalan dengan nilai-nilai universal dan tardisi budaya bangsa yang religius.
c.       Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagi generasi penerus bangsa.
d.      Mengembangkan kemampuan peserta didik agar menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan.
e.       Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dilandasi rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (dignity).
Dalam pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber berikut
a.       Agama
b.      Pancasila
c.       Budaya
d.      Tujuan Pendidikan Nasional
Dari sumber-sumber nilai tersebut diharapakan siswa mempunyai karakter sebagai bangsa Indonesia dengan ciri sebagai berikut : 
Tabel 4.4
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
            a.
Religius
:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
b.
Jujur
:
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan
c.
Toleransi
:
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnik, pendapat, sikap , dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
d.
Disiplin
:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
e.
Kerja Keras
:
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas sebaik-baiknya
f.
Kreatif
:
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil dari sesuatu yang telah dimiliki
g.
Mandiri
:
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya
i.
Demokratis
:
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
j.
Rasa Ingin Tahu
:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengarnya
k.
Semangat Kebangsaan
:
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
l.
Cinta Tanah Air
:
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
m.
Menghargai Prestasi
:
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, serta mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain
n.
Bersahabat/Komuniktif
:
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
o.
Cinta Damai
:
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya
p.
Gemar Membaca
:
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
q.
Peduli Lingkungan
:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi

r.
Peduli Sosial
:
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
s.
Tanggung-jawab
:
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

Catatan: Nilai minimal yang dikembangkan yaitu nyaman, jujur, peduli, cerdas, tangguh, dan kerja keras.

0 komentar:

Posting Komentar