Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
(PPBKB)
Pengembangan
pendidikan budaya dan karakter bangsa sangat strategis bagi keberlangsungan dan
keunggulan bangsa pada masa mendatang. Pengembangan pendidikan budaya dan
karakter bangsa tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang baik, pendekatan
yang sesuai, serta metode belajar dan pembelajaran yang efektif.
Sesuai
dengan sifat suatu nilai, pendidikan budaya dan karakter bangsa harus dilakukan
bersama oleh semua guru (pendidik) dan pimpinan sekolah. Dalam pelksanaan,
pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui semua mata pelajaran
dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya sekolah.
Tujuan
Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa sebagai berikut :
a. Mengembangkan
potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warga negara
yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
b. Mengembangkan
kebiasaan dan perilaku terpuji dari peserta didik, yang sejalan dengan
nilai-nilai universal dan tardisi budaya bangsa yang religius.
c. Menanamkan
jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagi generasi penerus
bangsa.
d. Mengembangkan
kemampuan peserta didik agar menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan
berwawasan kebangsaan.
e. Mengembangkan
lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh
kreativitas dan persahabatan, serta dilandasi rasa kebangsaan yang tinggi dan
penuh kekuatan (dignity).
Dalam
pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa diidentifikasi dari
sumber-sumber berikut
a. Agama
b. Pancasila
c. Budaya
d. Tujuan
Pendidikan Nasional
Dari
sumber-sumber nilai tersebut diharapakan siswa mempunyai karakter sebagai
bangsa Indonesia dengan ciri sebagai berikut :
Tabel 4.4
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
|
a.
|
Religius
|
:
|
Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan
pemeluk agama lain
|
|
b.
|
Jujur
|
:
|
Perilaku
yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan
|
|
c.
|
Toleransi
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnik, pendapat, sikap ,
dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
|
|
d.
|
Disiplin
|
:
|
Tindakan
yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan
|
|
e.
|
Kerja
Keras
|
:
|
Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas sebaik-baiknya
|
|
f.
|
Kreatif
|
:
|
Berpikir
dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil dari sesuatu yang
telah dimiliki
|
|
g.
|
Mandiri
|
:
|
Sikap
dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugasnya
|
|
i.
|
Demokratis
|
:
|
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya
dan orang lain
|
|
j.
|
Rasa Ingin Tahu
|
:
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengarnya
|
|
k.
|
Semangat Kebangsaan
|
:
|
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan
bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
|
|
l.
|
Cinta Tanah Air
|
:
|
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap
bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
|
|
m.
|
Menghargai Prestasi
|
:
|
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, serta mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain
|
|
n.
|
Bersahabat/Komuniktif
|
:
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,
bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
|
|
o.
|
Cinta Damai
|
:
|
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan
orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya
|
|
p.
|
Gemar Membaca
|
:
|
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai
bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
|
|
q.
|
Peduli Lingkungan
|
:
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi
|
|
r.
|
Peduli Sosial
|
:
|
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi
bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
|
|
s.
|
Tanggung-jawab
|
:
|
Sikap
dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
Catatan: Nilai minimal yang dikembangkan
yaitu nyaman, jujur, peduli, cerdas, tangguh, dan kerja keras.
RSS Feed
Twitter
10.53
Unknown
0 komentar:
Posting Komentar