Kamis, 17 September 2015

  Prinsip- Prinsip Pengembangan
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan  
         lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang.
         Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
        untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
        kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan      
        menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian \       tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi,  
        perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan pada masa           kini dan yang akan datang. Memiliki posisi sentral berarti bahwa kegiatan pembelajaran harus             berpusat pada peserta didik.


2. Belajar sepanjang hayat
        Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan
        kemampuan peserta didik untuk belajar sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan           antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi
        dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
3. Menyeluruh dan berkesinambungan
        Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan
        keterampilan) bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan                 secara berkesinambungan antarjenjang pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar