Kamis, 17 September 2015

PENUTUP

Kurikulum Sekolah ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan belajar mengajar di SDN 2 Cikalang UPT Dinas Pendidikan Wilayah Tengah Kota Tasikmalaya menjadi lebih menyenangkan, menantang, mencerdaskan, dan sesuai dengan keadaan daerah dan kebutuhan peserta didik setempat.

Di samping itu, sementara para guru menerapkan Kurikulum Sekolah ini, mereka diharapkan dapat melakukan evaluasi secara informal terhadap dokumen Kurikulum Sekolah maupun pelaksanaannya. Evaluasi tersebut diharapkan paling sedikit dapat menjawab pertanyaan berikut:
1. Apakah tujuan pendidikan yang tertulis dalam Kurikulum Sekolah ini cukup lengkap dan dapat dicapai?
2. Apakah  kemampuan (Sikap, pengetahun dan keterampilan) yang tertulis cukup lengkap untuk merespon keadaan daerah dan kebutuhan peserta didik?
3. Sejauhmana kemampuan siswa (Sikap, pengetahun dan keterampilan) yang diharapkan dapat dicapai?
4. Apakah metode yang digunakan cukup efektif dalam mencapai tujuan yang diharapkan?
5. Sejauhmana penilaian pembelajaran yang dirancang dapat mengungkap secara jelas perekembangan kemampuan yang diharapkan dari siswa?

Jawaban terhadap pertanyaan tersebut, yang mungkin terkumpulkan secara bertahap dari waktu ke waktu oleh para guru sebagai pengembang sekaligus pelaksana Kurikulum Sekolah, sebaiknya didokumentasikan dengan baik sehingga menjadi masukan berharga bagi penyempurnaan Kurikulum Sekolah di kemudian hari.

Selain itu, berbagai hasil belajar yang diperoleh siswa (pemahaman, keterampilan, sikap dan perilaku) dapat menjadi bahan evaluasi guna mengetahui sejauhmana visi yang telah dirumuskan dapat dicapai atau didekati guna menyusun dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut.
Akhirnya, kesungguhan, komitmen, kerja keras, dan kerjasama warga sekolah secara keseluruhan merupakan kunci utama bagi perwujudan apa yang telah direncanakan.

0 komentar:

Posting Komentar